Renstra

D. Tujuan

Tujuan pelaksanaan pelayanan UPT adalah peningkatan kepuasan pengguna UPT di kalangan civitas akademika Unila dan masyarakat pada umumnya.

E. Sasaran Strategis

No

Nama Sasaran Strategis

Indikator Kinerja Sasaran Strategi (Impact)

Kondisi 2014

Target Sasaran Strategis, Desember Tahun (persentase)

2016

2017

2018

2019

2020

1 Peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa 1. persentase mahasiswa yang menjadi anggota English Conversation Club (ECC) di Unila2. Persentase mahasiswa yang ikut kursus bahasa Inggris di Unila3. Persentase mahasiswa dengan EPT > 500

2

15

10

5

30

15

10

40

20

20

50

25

35

60

30

 50

 

3.1         Tujuan dan Sasaran Strategik

~ Bertambahnya jumlah mahasiswa yang mengikuti tes EPT maupun kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya demi terwujudnya pendidikan kebahasaan yang berkualitas

~ Bertambahnya jumlah dosen dan karyawan yang mengikuti tes EPT maupun kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya demi terwujudnya pendidikan kebahasaan yang berkualitas

~ Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai di ruang kantor, laboratorium bahasa dan ruang belajar.

UPT Bahasa memiliki rencana strategis, yaitu :

1 Peningkatan standar mutu dan kualitas;
2 Peningkatan standar fasilitas;
3 Peningkatan jejaring dengan lembaga-lembaga di dalam dan di luar negeri;
4 Penyelenggaraan workshop English for Young Learners;
5 Pemanfaatan ICT (Information and Communication Technology) untuk pembelajaran;
6 Penambahan Koleksi Kepustakaan Pusat Bahasa;
7 Penelitian dan Pengembangan Bahasa;
8 Kegiatan Ilmiah dan Publikasi Ilmiah;
9 Pelaksanaan Toefl ITP (Institutional Testing Program) yang berkelanjutan;
10 Pelaksanaan Toefl IBT (Internet Based Test) dan CBT (Computer Based Test);
11 Pelaksanaan TOIEC (Test of English for International Communication);
12 Pelaksanaan IELTS (International English Language Testing System);
13 Peningkatan penguasaan bahasa daerah Lampung dan bahasa daerah lainnya.

About

1.1       Kondisi Umum

UPT Bahasa ditetapkan berdasarkan Keputusan Mendikbud RI Nomor: 1350/UN26/KP/2014 pada tanggal 18 Agustus 2014. UPT Bahasa merupakan unit pelaksana teknis di bidang pengembangan pembelajaran dan layanan kebahasaan. Kepala UPT Bahasa dikoordinasikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. UPT Bahasa mempunyai tugas melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan dan pelayanan uji kemampuan bahasa.

UPT Bahasa menyelenggarakan fungsi:

a. Penyusunan rencana, program dan anggaran UPT;

b. Pengembangan pembelajaran bahasa;

c. Pelayanan peningkatan kemampuan bahasa;

d. Pelayanan uji kemampuan bahasa;

e. Pelaksanaan urusan tata usaha UPT.

UPT Bahasa terdiri atas:

a. Kepala;

b. Subbagian Tata Usaha; dan

c. Kelompok Jabatan Fungsional.

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, ketatausahaan, kerumahtanggaan dan pengelolaan barang milik negara UPT. Subbagian Tata Usaha dipimpin oleh seorang Kepala yang bertanggung jawab kepada Kepala UPT.

2.1   Visi UPT Bahasa Unila.

  • “Menjadi UPT Bahasa yang profesional dan berkualitas”

 

2.2   Misi UPT Bahasa Unila

~ Mendukung visi Unila menjadi universitas 10 terbaik se-Indonesia pada tahun 2025 dalam bidang  bahasa asing, bahasa Indonesia dan bahasa daerah

~ Meningkatkan mutu SDM civitas akademika Universitas Lampung dalam kebahasaan

~ Menyelenggarakan pelatihan atau kursus kebahasaan yang berkualitas

~ Menjalin kerjasama dengan lembaga bahasa di dalam maupun luar negeri.

PROFILE

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Profil UPT Bahasa
UPT Bahasa ditetapkan berdasarkan Keputusan Mendikbud RI Nomor: 1350/UN26/KP/2014 pada tanggal 18 Agustus 2014. UPT Bahasa merupakan unit pelaksana teknis di bidang pengembangan pembelajaran dan layanan kebahasaan. Kepala UPT Bahasa dikoordinasikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. UPT Bahasa mempunyai tugas melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan dan pelayanan uji kemampuan bahasa.

1.2. Visi, Misi, dan Tujuan
Visi UPT Bahasa :
“Menjadi UPT Bahasa yang profesional dan berkualitas”

Misi UPT Bahasa tahun 2014 – 2019 adalah:
1. Mendukung visi Unila menjadi universitas 10 terbaik tingkat nasional.
2. Menjadi salah satu UPT Bahasa terbaik ditingkat nasional dalam bidang bahasa asing.
3. Meningkatkan mutu SDM civitas akademika Universitas Lampung dalam kebahasaan.
4. Menyelenggarakan pelatihan atau kursus kebahasaan yang berkualitas.
5. Menjalin kerjasama dengan berbagai Pihak lembaga baik di dalam maupun luar negeri

Tujuan :
Tujuan pelaksanaan pelayanan UPT adalah peningkatan kepuasan pengguna UPT di kalangan civitas akademika Unila dan masyarakat pada umumnya.

1.3. Struktur Organisasi

BAB II
DOKUMENTASI SISTEM MANAGEMENT MUTU

2.1 Ruang Lingkup
Ruang Lingkup penerapan Sistim Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di UPT Bahasa, mencakup:
2.1.1 Jenis Layanan
a. Pelatihan (General English, TOEFL Preparation, bahasa Perancis)
b. Layanan Tes (English Proficiency Test/EPT)
c. Layanan Terjemahan

2.1.2 Alamat
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145 Telp (0721) 770844 – PABX 839 Fax (0721) 770844 website: pusatbahasa.unila.ac.id e-mail: uptbahasaunila@gmail.com

2.1.3 Waktu Layanan

Senin-Kamis : 08.00-16.00 WIB
Istirahat : 12.00-13.00 WIB
Jumat : 08.00-16.30 WIB
Istirahat : 11.30-13.00 WIB

Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tidak ada layanan

Facilities

Gedung UPT Bahasa yang dirancang khusus untuk pelatihan bahasa. Gedung ini berada dilantai 2, terdiri dari:

  1. Lima ruang kelas dengan tempat duduk yang nyaman dan mudah diatur,
  2. Empat ruang laboratorium bahasa,
  3. Satu Ruang Baca yang berisi beragam materi belajar mandiri, satu tempat khusus untuk latihan bercakap-cakap, satu tempat untuk   latihan mendengarkan,
  4. Satu ruangan Instruktur,
  5. Satu Ruang Receptionist dan Lobby
  6. Satu Ruang staf akademik dan  Satu Ruang staf administrasi,
  7. Enam Ruang Toilet atau Kamar Mandi
  8. Satu Ruang Mushola.
  9. Satu Ruang Pantry dan Dapur